Pengiriman Barang Paket Cerdas untuk Toko Online

Untuk memastikan barang yang anda kirim bisa sampai dengan selamat, maka teknik packing yang tepat harus anda kuasai dulu. Jangan sampai, ternyata ada sisi yang rusak. Akhirnya, pelanggan tersebut menggaruk kepalanya dan memberi rating kurang dari 4/5. Lalu, bagaimana cara membungkus paket yang efektif dan aman?

Pertama kenali dulu karakter tiap barang, kemudian pilih bahan dasar pengemasan, tingkatkan keamanan, dan gunakan jasa pengiriman yang tepat. Saat ini banyak tersedia jasa pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain, bukan hanya untuk dalam negeri saja, ada juga jasa ekspor indonesia ke thailand untuk mempermudah anda untuk mengirim barang ke luar negeri.

Agar produk yang anda jual sesuai dengan harapan customer dan tidak rusak saat pengiriman, berikut beberapa hal yang harus anda lakukan:

Kenali Item Karakter

Cara ini wajib diterapkan, terutama bagi Anda yang menjual berbagai jenis barang. Misalnya, reseller untuk berbagai merek. Selama ini barang yang ada hanya sedikit yaitu gelas / barang pecah belah, kain, kertas, kayu, dan lain sebagainya. Selain barang pecah belah, tidak perlu khawatir tentang keamanan pengemasan. Namun untuk barang berbahan kaca, sebaiknya berikan perlindungan khusus.

Pilih Bahan Utama untuk Pengepakan

Bahan utama untuk pengemas misalnya amplop untuk dokumen, karton untuk barang pada umumnya, dan bahan plastik dari kain. Terkadang, ada yang mencampurkan ketiga bahan tersebut untuk berbagai keperluan. Lebih baik tidak, ya. Fokus saja pada jenis barang yang ingin dikirim untuk menentukan bahannya.

Meningkatkan Keamanan Pengepakan

Ada beberapa jenis barang yang membutuhkan pengamanan ekstra. Misalnya handphone, kamera, laptop dan barang elektronik lainnya. Agak merepotkan bila harus repot memberikan keamanan ekstra. 

Namun demi kepuasan konsumen, mau tidak mau harus dilakukan. Untuk mengamankan elektronik, gunakan bubble wrap, Styrofoam, dan kayu sebagai pelindung luar. Kayu ini biasanya berbentuk kotak untuk beberapa barang elektronik berukuran besar. Sedangkan untuk barang yang lebih kecil bisa menggunakan bubble wrap atau styrofoam saja.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label