6 Cara Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

Tagihan listrik bisa membengkak dua kali lipat seiring aktivitas di rumah saja. Apalagi kebiasaan work from home yang diterapkan selama masa pandemi membuat konsumsi listrik meningkat. Penggunaan alat elektronik yang tidak terkelola dengan baik bisa membuat anggaran listrik Anda diluar prediksi, lho! Penting sekali melakukan cek tagihan listrik bulanan agar Anda bisa melakukan evaluasi penghematan konsumsi listrik. 

Menghemat pemakaian listrik rumah tangga

Agar pengeluaran untuk bayar listrik bulanan tetap terkontrol, sebaiknya Anda mencoba tips menghemat pemakaian listrik rumah tangga berikut :

1. Memilih sistem meteran dengan token atau pulsa 

Sesuai dengan peraturan PLN, setiap rumah bisa mengganti sistem meteran listrik dengan token atau pulsa. Setidaknya Anda memiliki anggaran khusus untuk membayar tagihan listrik yang dibayarkan lebih awal sehingga kontrol konsumsi listrik tetap berjalan lancar. Ingin mengetahui berapa besaran konsumsi listrik di rumah setiap bulan, Anda bisa menggunakan fasilitas cek tagihan listrik secara online yang anti ribet. 

2. Mencabut peralatan listrik yang tidak terpakai 

Kebiasaan buruk masyarakat Milenial adalah suka mencolokkan peralatan listrik yang tidak terpakai. Padahal, kabel yang tersambung dengan colokan tetap mengkonsumsi daya meskipun Anda tidak memakai peralatan elektronik tersebut. 

Misalnya colokan kabel pengisi daya ponsel bisa menghabiskan 1 kWh per jam yang terdengar ringan, namun bisa membuat penggunaan listrik Anda terbuang sia-sia.

3. Menyalakan dan mematikan lampu seperlunya 

Saat Anda istirahat, sebaiknya nyalakan lampu kecil dengan watt rendah daripada menyalakan seluruh lampu di ruangan rumah. Jangan suka membiarkan peralatan listrik masih on sementara Anda sudah tidak membutuhkannya. Tidak hanya bisa menghemat penggunaan listrik di rumah, kebijakan mematikan lampu atau elektronik saat Anda tidur bisa meningkatkan kualitas istirahat bagi tubuh dan otak.

4. Menggunakan peralatan elektronik dengan bijak 

Kemudahan teknologi membuat Anda bisa memiliki perangkat elektronik di smart home. Namun, awasi penggunaan sesuai kebutuhan agar tidak membuat konsumsi listrik membengkak. Anda wajib mempertimbangkan teknologi rumah tangga yang menggunakan hemat energi terbaru atau voltase rendah. Hal serupa berlaku untuk penggunaan alat elektronik lain seperti televisi, mesin cuci, microwave, kompor listrik, dan lain-lain.

5. Memanfaatkan tanaman hijau di dalam rumah 

Teknik yang bisa menghemat penggunaan AC di rumah adalah meletakkan tanaman hijau di dalam ruangan. Tidak hanya bisa membuat pemandangan ruangan lebih segar, keberadaan tanaman hijau bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk. Setidaknya Anda tidak perlu menyalakan AC dalam kondisi cuaca yang agak gerah. 

Jangan lupa untuk membuat sistem sirkulasi udara yang tertata dengan baik. Ventilasi yang bisa mengalirkan udara segar dari luar ruangan ke dalam rumah bisa menekan penggunaan AC atau lampu saat siang hari. 

6. Menggunakan energi alternatif

Cara jitu untuk menghemat penggunaan listrik di rumah Anda adalah menggunakan energi alternatif. Menggunakan pembangkit listrik tenaga surya bisa menghemat penggunaan daya pada siang hari. Kalau Anda bisa menekan penggunaan konsumsi daya listrik, kenapa tidak? Membuang energi untuk hal yang kurang produktif bukan pilihan bijak, lho! 

Beberapa tips menghemat listrik di rumah bisa Anda terapkan bersama keluarga. Kebijakan yang Anda lakukan dalam menghemat pemakaian energi merupakan salah satu bukti nyata cinta lingkungan. Untuk melakukan evaluasi bulanan, jangan lupa cek tagihan listrik rumah Anda, ya! Pengelolaan anggaran tagihan listrik yang baik bisa membuat kehidupan Anda lebih terencana pada masa pandemi yang tak kunjung berakhir. 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label