5 Manfaat Vaksin untuk Ibu Hamil

Vaksin merupakan senyawa yang ditambahkan di dalam tubuh berfungsi untuk membantu menambah daya tahan atau kekebalan tubuh terhadap penyakit terutama disebabkan oleh virus. Vaksin tidak hanya untuk bayi dan anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga penting melakukan vaksinasi. Klinik yang melayani vaksinasi untuk dewasa ada di beberapa tempat, salah satunya di beberapa klinik vaksin Yogyakarta

Fungsi Vaksin untuk Ibu Hamil 

Kesehatan tubuh bagi perempuan hamil sangat penting hingga bayi lahir. Apabila ibu sakit, maka sangat memungkinkan berdampak pada anak yang ada di dalam kandungannya. Salah satu pencegahan penyakit kronis akibat virus adalah menggunakan imunisasi. Berikut adalah fungsi vaksin untuk perempuan yang sedang mengandung: 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Perempuan hamil memiliki kondisi yang lebih rentan dibanding saat tidak hamil. Perubahan yang terjadi pada tubuh mulai dari hormon hingga perubahan bentuk tubuh merupakan beberapa faktor mengapa ibu hamil lebih mudah sakit. 

Perubahan tersebut mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya dan juga membuat sistem kekebalan tubuh lebih bekerja keras dibandingkan keadaan biasa. oleh karena itu, imunisasi bagi ibu hamil sangat penting. Terutama apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah meski sebelum hamil. 

2. Membantu Tumbuh Kembang Bayi 

Imunisasi pada perempuan hamil membantu tumbuh kembang bayi. Selain itu, imunisasi juga akan mencegah bayi memiliki risiko kelainan sejak dalam kandungan. 

Ibu yang sehat akan mempengaruhi kesehatan bayi secara langsung. Asupan gizi pada bayi juga akan terpenuhi. Saat sehat, Anda bisa fokus menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan. Janin yang sehat tentu akan bertumbuh dengan baik.

3. Mencegah Penyakit Kronis atau Musiman

Anda juga bisa mencegah penyakit kronis seperti meningitis, hepatitis A, pneumonia, atau hepatitis B dengan imunisasi. Lakukanlah konsultasi terlebih dahulu untuk imunisasi-imunisasi tersebut agar sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Lakukanlah di klinik yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Misalnya, apabila Anda tinggal di Yogyakarta, Anda bisa memilih di klinik vaksin Yogyakarta yang terpercaya. 

Perempuan hamil juga rentan terhadap penyakit musiman seperti flu dan demam karena flu dapat membahayakan janin.  ibu hamil sebaiknya menggunakan vaksin influenza inaktif agar terlindungi dari virus ini. 

4. Mencegah Penyakit pada Bayi karena Riwayat Kesehatan Ibu 

Ibu yang memiliki riwayat kesehatan seperti pernah terkena hepatitis A atau B, memiliki riwayat HIV/AIDS, atau beberapa penyakit bawaan lain yang menyerang sistem kekebalan tubuh sebaiknya melakukan imunisasi. 

Imunisasi bisa dilakukan pada saat program hamil, saat hamil, atau setelah melahirkan. Dengan demikian, Anda bisa melindungi buah hati dari riwayat penyakit bawaan. 

Pada saat program hamil, Anda dan pasangan sebaiknya berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu, terutama jika Anda atau pasangan memiliki riwayat penyakit bawaan. Diskusikan mengenai kemungkinan imunisasi apa yang Anda dapat dan kapan saja jadwal imunisasi tersebut. 

5. Mencegah Keguguran 

Beberapa penyakit kronis karena latar belakang kesehatan ibu bisa menyebabkan keguguran pada kandungan baik pada saat janin belum bertumbuh atau saat sudah bertumbuh. Imunisasi merupakan salah satu pencegahan agar janin kuat dan bertumbuh dengan baik. 

Imunisasi pada ibu juga akan mencegah beberapa kondisi bayi seperti lahir tidak pada waktunya atau prematur dan memiliki berat badan rendah. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit atau infeksi pada janin. 

Kondisi hamil merupakan masa dimana perempuan harus memperhatikan lebih kondisi tubuhnya. Diskusikan pada pasangan Anda dan juga dokter kandungan Anda mengenai kondisi tubuh selama masa hamil. Lakukanlah imunisasi di klinik terdekat, salah satunya di klinik vaksin Yogyakarta, apabila Anda tinggal di Kota Gudeg atau sekitarnya ini. 

Anda bisa menemukan klinik terdekat melalui bantuan aplikasi Halodoc. Aplikasi yang merupakan platform kesehatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan maupun mengenai pelayanan kesehatan lainnya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label